Iklan Tak Senonoh Merambah Aplikasi Android

Iklan tak senonoh memang cukup mengejutkanku beberapa minggu ini di beberapa aplikasi Android. Ada beberapa aplikasi yang menampilkan iklan tak senonoh, bahkan salah satunya aplikasi religius.

Iklan Tak Senonoh Pertama

Iklan tidak senonoh ini melibatkan video wanita yang melakukan live show dengan gestur yang sensual, dan kadang ada bagian tubuh tertentu yang ditonjolkan. Aku tidak tahu, apakah iklan ini memang diatur berdasarkan sasaran penggunanya (misalnya gender dan usia) atau secara umum.

Dimana iklan tidak senonoh ini muncul?

Iklan ini muncul di banyak aplikasi, bahkan sempat muncul di aplikasi The Noble Quran. Ya, aplikasi Quran yang menyediakan transliterasi dan translasi serta tajwid cara membacanya, disertai murottal dari beberapa Qari terkenal salah satunya Syaikh Mohammed Rashid Al-Afasy. Lha pas ganti surat, tiba-tiba muncul iklan cewek meliuk-liuk. Aku kan mau cari surga di akhirat, eh, malah dikasi lihat surga dunia. Hahaha.

Kalo bagian ini bukan fitnah lho, istri pernah aku tunjukin iklan ini. Waktu itu di kanan atas ada semacam tombol kecil, kalau diklik, kita bisa milih apakah iklan ini pantas atau tidak (appropriate ads). Kalau kita milih not appropriate, maka iklannya tidak tampil lagi. Nah, hingga sekarang, aku cuma dapat iklan permainan saja kalau buka The Noble Quran.

Iklan Tak Senonoh

Lain lagi ceritanya dengan beberapa permainan, salah satunya Teka Teki Silang v2 oleh Joy Keratif (orang Indonesia bukan ya?). Bisa dibilang iklannya sangat masif dan mayoritas adalah iklan tak senonoh yang aku tampilkan diatas. Beberapa gambar yang aku tampilkan diatas adalah buktinya, aku tampilkan disini dengan sensor demi kebaikan bersama. Iklan muncul tiap dua permainan yang sukses dan iklan diatas muncul dua kali sebelum iklan permainan lainnya muncul sekali.

Bagaimana mengatasi iklan tak senonoh?

Cara pertama tentu uninstall aplikasi yang menampilkan iklan semacam ini. Cukup berbahaya kalau aplikasi begini digunakan anak-anak dan tiba-tiba iklannya begini. Jadi ribet kan harus jelasin ke anak-anak tentang apakah hal ini baik atau buruk buat mereka. Apalagi anak-anak yang sudah berusia mendekati remaja, antara 8-12 tahun.

Teka Teki Silang

Mau lapor masalah iklannya, tapi ga ada pilihannya.

Cara kedua adalah dengan menggunakan akun wanita (ibu atau anak perempuan) untuk login Google Play pada tablet/ponsel yang digunakan bersama. Jika dugaanku benar, iklan semacam ini hanya menyasar kaum pria. Darimana Google tahu? Tentu saja akun yang digunakan di Google Play. Paling tidak, ponsel istri tidak pernah mendapatkan iklan seperti ini. 🙂

Ada cara ketiga, namun tidak selalu tersedia. Yakni membeli versi berbayar dari aplikasi yang menampilkan iklan tidak senonoh. Itu pun jika tersedia dan memang kita butuh aplikasinya. Pada umumnya aplikasi Android tidaklah terlalu mahal. Paling tidak kita tidak dihantui rasa was-was andaikata anak atau keponakan kita membuka aplikasi tersebut.

Semoga ini dapat menjadi solusi mengatasi masalah iklan tak senonoh di aplikasi Android. Bagaimana dengan pengalaman kamu? Pernah dapat iklan serupa?

Kalimat terkait: aplikasi tak senonoh. gambar tak senonoh. iklan berbau gender. kadang muncul iklan tak senonoh di android. urut tidak senonoh. 
Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.