Mengganti Timezone di Linux Centos

Dikarenakan lebih familiar dengan debian, aku bingung bagaimana mengganti timezone di CentOS. Seperti yang aku alami beberapa waktu lalu. Aku harus menggunakan CentOS pada satu virtual server, dikarenakan PHP yang digunakan harus versi yang lama.

Ganti Timezone

Kenapa harus CentOS? Ya karena itu CentOS 6 adalah satu distribusi terlama yang ada di opsi instalasi VPS yang aku kelola itu. Debian yang ada hanya versi 8, sehingga kalau mau install PHP mesti compile dari source. Males banget, kan? 🙂

Habis itu, bingung deh cara ganti timezone di CentOS!

Kalau mau ganti timezone di Debian, kita cukup jalankan saja dpkg-reconfigure tzdata dan ikuti saja apa yang diminta. Berhubung Sleman masuk di Wilayah Indonesia Bagian barat, tinggal pilih timezone-nya menjadi Asia/Jakarta. Kalau mau, pilih Asia/Bangkok juga bisa. Sama kok timezone-nya. Cuma agak aneh aja jadinya. 🙂

Lalu gimana cara ganti timezone di Centos?

Aku yang bodoh ini tidak langsung googling buat cari solusi. Selama 15 menit pertama, aku malah mikir bahwa yum, perintah untuk repositori CentOS ini memiliki kombinasi macam dpkg-reconfigure. Setelah mencari-cari dengan beberapa kombinasi huruf + TAB dan tidak menemukan fungsi yang dicari, googlinglah aku.

Ketemu caranya di artikel om Chris ini. Ternyata caranya lebih simple dan cukup lucu sih. Hayo, gimana? Gini nih caranya:

  • Masuk ke folder /usr/share/zoneinfo, nah disitu ada nama region timezone, misalnya Asia, Europe, Afrika, America, dll.
  • Masuk ke folder Asia, cari file Jakarta
  • Copy file Jakarta ke folder /etc untuk menimpa file localtime

Jadi sebenarnya file-file di folder zoneinfo itu adalah file binary localtime. Kalau aku lebih memilih untuk melakukan softlink ke file tersebut. Aku lakukan dengan dua perintah simple:
mv /etc/localtime /etc/localtime.bak
ln -s /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta /etc/localtime

Voila! Timezone CentOS sekarang sudah berganti menjadi Asia/Jakarta alias WIB. Silahkan jalankan perintah date untuk melihat perubahannya. Selamat mencoba!

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.