Unlock Andromax M2P dari Smartfren

Unlock Andromax M2P adalah salah satu dari sekian banyak hal ditanyakan oleh teman-teman saya, baik yang berlatar belakang teknisi, blogger atau bahkan pengguna biasa. Sudah biasa terjadi di negeri ini, jika ada sesuatu yang dibatasi pasti akan diakali bagaimana membukanya.

Unlock Andromax M2P

Justru kalau tidak ada yang bertanya bagaimana cara unlock Andromax M2P atau sejenisnya, saya akan mulai mempertanyakan kewarasan diri saya sendiri. Saya lalu akan mulai lebih banyak lagi beribadah karena tandanya kiamat sudah dekat. Hahaha. Hanya intermeso dengan sedikit hiperbola. Meskipun sebenarnya ini fakta yang terjadi di Indonesia.

Salah seorang rekan saya yang bergerak di bidang marketing pernah bilang, bahwa jumlah orang yang mencari tahu atau berusaha untuk mengakali suatu produk bisa dijadikan indikator kesuksesan suatu produk. Maksudnya adalah semakin besar jumlah orang yang ingin melakukan unlock Andromax M2P, maka semakin populer produk Smartfren tersebut. Memang ironis, tetapi faktanya demikian.

Apa bisa melakukan unlock Andromax M2P?

Bolt, provider internet 4G sudah lebih dahulu menggelar jaringan 4G dan melepas MiFi ke pasaran dengan “harga subsidi”. Kenapa saya gunakan tanda kutip? Ya karena saya tidak tahu sebenarnya disubsidi atau tidak. Kita hanya bisa menebak itu subsidi dari harganya yang lebih murah dari harga device sejenis yang tidak dikunci. Apa yang terjadi dengan MiFi dari Bolt mungkin menjadi pelajaran bagi Smartfren.

Firmware yang digunakan oleh MiFi Andromax M2P ini tampaknya cukup solid dan benar-benar dibuat dengan teliti di sisi keamanannya. Jangan tanya masalah tampilan web panelnya ya, bisa dibilang gagal total, ancur dan jelek. Akan tetapi saya sudah cek dengan beberapa bug yang ada pada Huawei E5573 (versi asli M2P), tidak saya temukan pada M2P ini. Jadi sampai saat ini saya belum menemukan cara untuk unlock Andromax M2P.

Bagaimana dengan membuka langsung hardware-nya dan melakukan hardwire untuk melakukan flashing? Itu mungkin saja bisa dilakukan, jika (1) ada port untuk koneksi serial atau I2C, (2) kita tahu pasti seri dari hardware yang digunakan. Selebihnya, kita tidak akan bisa melakukan apa-apa. Berhubung itu beresiko merusak MiFi M2P yang merupakan properti kantor Web Developer Jogja tempat saya bekerja, maka tidak saya lakukan.

Apa resiko melakukan unlock Andromax M2P?

Baik secara software maupun hardware, ada resiko yang harus ditanggung jika kita gagal melakukan unlock. Pada umumnya unlock dilakukan dengan cara flashing. Cara ini beresiko kegagalan jika firmware yang digunakan tidak cocok dengan device-nya. Jika ini terjadi, maka ucapkan selamat tinggal kepada MiFI kalian, mungkin saatnya beli baru.

Resiko yang lain adalah permasalahan hukum yang mungkin timbul jika kita melakukan unlock. Bolt pernah melakukan penuntutan terhadap sebuah merchant yang melakukan unlock MiFi mereka lalu menjualnya secara bebas. Di masa lalu, Mobile 8 (sebelum merger dengan Smart dan menjadi Smartfren), pernah melakukan penuntutan terhadap pihak-pihak yang melakukan unlock ponsel branding mereka. Ponsel ini dahulu di-unlock supaya dapat digunakan untuk Telkom Flexi.

Saya dapat menarik benang lurus dari semua ini bahwa sebaiknya kita tidak berbuat yang aneh-aneh, termasuk unlock Andromax M2P. Jika suka dibatasi, ya beli MiFi-nya dan pakai Smartfren. Jika ingin bebas, beli saja MiFi E5573 yang sudah unlock untuk digunakan dengan operator lain (bahkan juga Smartfren) sesuka hati. Memang kita sudah membeli dan kita juga membayar, tapi kita juga tak boleh berbuat aniaya. Mungkin sudah saatnya kita berpikir lebih dewasa, memandang segala sesuatunya tidak hanya untuk keuntungan diri semata.

Kalimat terkait: cara unlock mifi smartfren. unlock mifi smartfren. unlock mifi andromax. cara unlock mifi andromax. unlock mifi. cara unlock mifi. andromax m2p unlock. unlock andromax m2p. cara unlock andromax M2P. cara unlock mifi m2y. 
Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. made gelgel:

    saya membeli m2p karena memang hanya smartfren provider support 4g di daerah saya, semoga kualitasnya terus ditingkatkan

  2. LEONARDO:

    Seharusnya dan sudah sepatutnya Pihak Smartfren atau provider lain tidak dapat menuntut customer yang melakukan unlock pada devicenya karena sudah dibeli oleh customer sehingga aturannya segala hak penggunaan diserahkan sepenuhnya kepada customer. Kerusakan yang diakibatkan dari tindakan modifikasi device termasuk salah satunya unlock, maka provider pemegang brand device tidak bertanggung jawab dengan kata lain adalah hilangnya masa garansi.
    Jika perihal tuntut menuntut contohnya sales mungkin menjawab pertanyaan customer akan layanan 4G di area hunian customer apakah sudah terjangkau atau jika bisa disebut bagus ga sinyalnya di area saya?? Kebanyakan nih saya sering mendengar bahkan saya alami sendiri sales mengatakan pasti pak ini kan sudah 4G. ternyata ketika device sudah di area hunian saya,,,payah sinyalnya…kelelepan. Kl dikomplain..sales hanya menjawab oooh mungkin BTS nya belum 4G area sampean. Bisa saja toh provider dituntut jalur hukum oleh customer karena melakukan pembohongan demi keuntungan pribadi semata.

    • Iwan R.:

      Device lock dikarenakan operator ingin menambah pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan subsidi terhadap device tersebut. Silahkan cek kembaran M2P yakni E5573, harganya paling murah adalah 500rb. Itu bukan barang baru, tapi rekondisi. Harga baru di angka 1jt lebih. Silahkan lihat bundling Telkomsel dengan device yang sama. Jika anda sudah kehilangan uang untuk sebuah barang, dengan harapan orang menggunakan layanan anda, apakah anda rela barang tersebut digunakan untuk layanan kompetitor anda?

      Mengenai masalah tuntut menuntut, sales bisa dituntut jika menyebarkan kebohongan. Itu benar. Namun tidak untuk providernya. Ini karena tidak ada bukti provider menyuruh sales untuk melakukan hal demikian. Mungkin lain kali jika berhubungan dengan sales/customer support, silahkan direkam saja, supaya ada bukti nanti untuk lapor polisi. Kalo ada buktinya, aku dukung, bahkan nanti aku bantu untuk menyebarkan.

      Lagipula, sudah menjadi hal yang wajar jika coverage area itu ada yang bolong. Aku sendiri pernah mengalaminya. Untuk itu sebagai customer kita harus cerdas dengan menyebutkan daerah serinci-rincinya. Sekarang di website operator ada layanan untuk cek coverage area. Silahkan itu dipergunakan dan disosialisasikan kepada rekan-rekan dan keluarga.

  3. rosid:

    Wkwk Amajing.. bisa nguasain linux tp masih pkek win 10?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.