Chrome di Android Dapat Diubah Warnanya

Pernahkah kalian membuka suatu website menggunakan Chrome di Android dan warna toolbar-nya berubah? Jangan khawatir, ponsel kalian tidak error, itu adalah fitur terbaru dari Google.

Chrome di Android Theme Color

Lihat gambar diatas, itu adalah screenshot dari Chrome di Google yang ada di ponselku. Pada bagian toolbar kedua website, warnanya beda, kan? Toolbar itu lho, bagian yang sudah aku bevel biar nampak beda. Sekitar tempat untuk input URL yang ingin dikunjungi. Warnanya tidak lagi sama seperti bawaan Google Chrome saat kalian buka pertama kali, kan?

Bagaimana toolbar Chrome di Android berubah warna?

Pada gambar diatas, aku buka website hanyalewat.id dan facebook.com untuk melihat pengaruh kedua website tersebut kepada warna toolbar Chrome di Android. Saat buka Facebook, warnanya biru. Saat buka Hanya Lewat, warnanya abu-abu. Hal ini terjadi karena memang blog Hanya Lewat sudah aku sesuaikan untuk merubah warna toolbar pada Chrome.

Fitur ini namanya theme color, setting-nya pun sangat mudah. Sejak versi 39, peramban Chrome untuk Android dapat mengikuti tag theme-color yang digunakan oleh website-website tertentu. Tag ini akan merubah warna toolbar Chrome menjadi sesuai keinginan web developernya. Caranya mudah, tambahkan ini diantara tag <head> dan </head> pada blog anda.

<meta name="theme-color" content="#hex_warna">

Dengan “hex_warna” adalah 6 digit code warna. Misalnya #000000, artinya merubah warna theme toolbar Chrome menjadi warna hitam. Tentang hex color code, kalian bisa googling kalau kurang paham. Setelah dipasang silahkan buka web kalian dengan menggunakan Chrome di Android. Kalau website kalian belum membuat warna peramban Chrome kalian berubah, coba bersihkan dulu Cache peramban kalian. Setelah itu coba buka lagi dan pasti sudah beres.

Semoga berhasil!

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.