Windows 10: Mematikan Default Gateway VPN

Windows 10 pun sama seperti OS yang lainnya, juga mendukung VPN. Pada umumnya VPN digunakan untuk terkoneksi ke jaringan lain secara privat dan terlindungi. Misalnya terkoneksi ke jaringan kantor dari rumah, sehingga baik koneksi maupun transmisinya terlindungi.

VPN Windows 10 Intip Kucing

Meskipun tidak sekuat OpenVPN, koneksi menggunakan L2TP mapun PPTP tetaplah dienkripsi. Paling tidak ini memberikan cukup perlindungan untuk data yang tidak terlalu sensitif. Pada umumnya saat kita terkoneksi dengan suatu server VPN, komputer kita akan menerima default gateway via VPN. Dengan ini ketika kita mengakses internet, akan melewati server VPN atau jaringan di dalamnya. Bagaimana jika kita hanya ingin terkoneksi dengan VPN dan tetap menggunakan default gateway dari provider internet kita?

Disable VPN Default Gateway via Windows 10 Power Shell

Di versi Windows terdahulu, hal ini mudah dilakukan, cukup matikan fitur auto gateway. Namun kami menemukan kesulitan di Windows 10. Menu IPv4 untuk koneksi PPTP atau L2TP tidak bisa dibuka properties-nya. Ternyata masih ada cara lain, yakni menggunakan Windows 10 PowerShell. Lihat gambar dibawah ini.
Matikan VPN default gateway

  • Klik pada ikon pencarian di sebelah tombol start, lalu ketikkan “Power”, maka akan menemukan Windows Power Shell. Klik kanan pada hasil pencarian itu lalu pilih menu Run as Administrator.
  • Setelah masuk ke Power Shell, ketik
    Get-VpnConnection

    lalu tekan enter untuk melihat koneksi VPN apa saja yang ada di komputer anda.

  • Jika sudah terlihat, ingat Name dari koneksi VPN anda. Lalu jalankan perintah
    Set-VpnConnection "NAMA_VPN" -SplitTunneling $True

    untuk mematikan default gateway via VPN tersebut. Setelah itu tutup Windows Power Shell.

Voila! Anda sudah berhasil mematikan default gateway di VPN tersebut. Silahkan terkoneksi ke VPN itu dan anda bisa mengakses jaringan di dalam server VPN, namun tetap menggunakan internet melalui gateway ISP saat ini. Mungkin berguna untuk anda yang hanya ingin terkoneksi ke kantor saja. Semoga berguna.

Kalimat terkait: cara menutup VPN. default gateway tidak muncul. 
Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.