Membuang Ukuran Gambar Bawaan WordPress

Kamu pakai WordPress? Sering bingung karena kebanyakan gambar dan space hosting menipis? Apakah tidak semua ukuran gambar digunakan oleh theme kamu?

Ini dia solusinya. Hapus saja ukuran gambar bawaan yang tidak digunakan oleh themes di WordPress. Copy paste saya code dibawah ini ke file functions.php di themes yang kamu gunakan.

Jangan lupa, ini bahasa pemrograman PHP ya, jadi jangan asal copas aja. Copy code diatas yang setelah <?php dan sebelum ?> ya. Lalu masukkan diantara simbol yang sama. Terkadang di file functions.php kamu tidak ada ?> dibagian bawah, maka kamu cukup copy aja di baris paling bawah.

Ehm, kalau ga tau caranya, googling aja PHP itu seperti apa syntax-nya. Setelah berhasil, install plugin Force Regenerate Thumbnail dan aktifkan. Navigasike Tools/Perkakas lalu pilih Force Regenerate Thumbnail. Setelah itu klik tombol Regenerate All Thumbnail.

Force Regenerate Thumbnail

Proses akan dijalankan, lamanya generate tergantung kekuatan server hosting kamu dan juga berapa banyak file yang kamu miliki. Kalau udah ribuan ya lumayan lama. Tetapi sepadan kok hasilnya. Kalau file udah ratusan, bisa sampe puluhan MB yang bisa kamu klaim. Selamat mencoba!

Sumber: https://paulund.co.uk/remove-default-wordpress-image-sizes

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.