Paket Kuota Super Besar Smartfren 30 GB / 90 Hari

Hari ini baca Kompas Tekno, dapat berita tentang Smartfren. Berhubung aku pelanggan Smartfren, ya baca dengan teliti satu persatu. Beritanya tentang paket True Unlimited sudah berakhir, digantikan paket Kuota Besar 30GB dengan masa aktif 90 hari.

Meskipun aku masih punya paket sampai tanggal 11 Mei 2016, aku tetep penasaran pengen tahu. Aku buka My Smartfren lewat web dan ternyata belum ada. Ini dia screenshot-nya.

Paket Kuota Besar belum ada

Mungkin masih butuh penyesuaian di sistemnya sampai paket tersebut muncul. Harapanku sih jangan lama, paling tidak ya pas aku butuh sudah ada. Hehehe. Soalnya paket semacam ini yang aku harapkan sejak dulu. Kalau dihitung jatuhnya murah. Per GB kuotanya hanya 10 ribu, dengan masa aktif 3 bulan.

Kok bisa jatuhnya lebih murah?

Dibandingkan dengan paket 9 GB yang 150 ribu, ini lebih murah. Paket 9 GB untuk dua bulan sudah 300 ribu, cuma dapat 18 GB, hanya dua bulan masa aktifnya. Sedangkan paket kuota besar ini 30 GB untuk 90 hari alias 3 bulan.

Lagipula budget aku internetan hanya 100 ribu per bulan, kan pas, cuma bayarnya aja di depan. Anggap aja beli kuota grosiran. Lha biasanya cuma beli Limitless 100 ribu dapat 6GB tiap bulan, sekarang beli 300 ribu dapat 3 bulan. Lha ya sama saja sami mawon keluar duitnya, malah lebih untung buat aku.

Kalau yang aku baca di Kompas sih, katanya paket ini ga harus pakai gadget Andromax, semua pelanggan Smartfren bisa menikmati. Dan kali ini semoga aku bisa menikmati karena hanya punya Mifi dan belum berencana membeli gadget Andromax dalam waktu dekat.

Bagaimana dengan paket True Unlimited?

Kalau dari pantauanku sih, paket True Unlimited yang harga normal masih ada. Yakni 300 ribu per bulan itu. Entah nantinya apakah paket ini akan dihapus juga, aku belum tahu. Soalnya kalau dihitung benefitnya jelas beda. Meskipun harganya sama-sama 300 ribu dan unlimited, orang dihadapkan pada kenyataan bahwa masa aktifnya hanya satu bulan.

Paket True Unlimited

Jadi seharusnya True Unlimited dan Paket Kuota Super Besar ini beda segmen. Tetapi entah bagaimana tindak lanjut dari Smartfren kita tidak bisa menebaknya. Lha iyalah, lha wong sana yang punya perusahaan, yang punya jaringan, mo dibikin apa ya terserah mereka. Hahaha.

Bagaimana kualitas jaringan Smartfren?

Sejauh aku memakai Smartfren, sejak 4G pertama kali ada di Jogja, aku merasakan ada penurunan kecepatan yang cukup signifikan. Dulu waktu aku pakai pertama kali, kecepatannya di angka 18 Mbps, sampai beberapa bulan. Aku lupa naruh dimana screenshot hasil speedtest yang dulu. Ini adalah screenshot hasil speedtest pada saat tulisan ini dibuat.

Speedtest Smartfren

Penurunannya signifikan, bukan? Tapi tidak mempengaruhi kenyamanan, masih lancar semuanya. Latensi-nya masih kecil, kurang dari 100 ms. Sehingga masih nyaman untuk koneksi FTP, SSH dan SFTP, dan juga ga putus-putus. Eh, ini SSH buat manajemen server lho ya, bukan buat internet gratisan seperti yang disalahartikan sama operator sebelah. Hehehe.

Pada intinya, pakai Smartfren cukup nyaman. Makanya aku menanti-nanti kalau paket ini ada. Bisa jadi ini adalah jawaban do’a orang-orang seperti aku. Orang yang butuh kuota lebih besar, tetapi tidak berlebihan seperti unlimited. Nanti tanggal 11 Mei kita lihat lagi bagaimana jadinya. Salam #Generasi4G!

Sumber bacaan:
* Ini Dia Paket Pengganti “True Unlimited ” Smartfren
* Kuota 30 GB Habis, Pelanggan Smartfren Bisa Beli Tambahan
* Hentikan “True Unlimited”, Smartfren Tak Takut Pelanggan Pindah ke Bolt

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. virmansyah:

    Sip mas, sebagai tambahan saja, untuk Paket True Unlimited yang 300K, nanti tetap akan dihapus juga dan diganti yang baru rilis ini. 🙂
    Punya ku (True Unlimited) juga baru habis nanti Mei nih, ntah nanti nyoba yang baru ini apa nggak. 😀 Soalnya juga pakai Indosat 4G yang harganya lebih murah, *karena masih ada promo bonus kuota 4G sih. hehehe

    • Iwan R.:

      Oh, kirain ga dihapus. Soalnya kupikir segmen-nya bakalan beda. 🙂
      Padahal pengen nyobain, eh, udah dihapus. Hahaha…

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.