Hanyalewat.ID, Ambisi Pribadi untuk Indonesia

Hanyalewat.id adalah sebuah mimpi, tak tercapai karena rupiah. Sejak munculnya domain .id kurang lebih 2 tahun lalu, ada banyak yang berkata kepada saya, “kenapa tidak memakai .id? Dulu kamu kan bilang kalau ga suka web.id atau my.id karena terlalu panjang.”

Blogger Indonesia Pakai .ID - hanyalewat

Lalu saya mengeluarkan jurus ngeles dan mengatakan bahwa .id masih terlalu mahal untuk dijangkau dengan kantong saya pribadi. Harga termurah domain .id masih di angka 500 ribu. Memang jika dihitung sebagai pengeluaran tahunan, itu tidak banyak. Tetapi waktu itu saya merasa bahwa 500 ribu masih terlalu banyak, mengingat dalam satu tahun sedekah ke masjid kira-kira ga sampai segitu. Malu dong sama Allah.

Lalu beberapa waktu lalu saya mendapatkan informasi bahwa telah terjadi sale besar-besaran domain .id oleh beberapa registrar, bahkan beberapa diantaranya sudah masuk emailnya ke saya. Ada yang gratis, ada yang begini dan begitu. Akhirnya saya memilih untuk mencoba menggunakan domain .id, saya tidak bisa mengelak lagi. Meskipun tahun kedua mahal, tidak menjadi masalah. Paling tidak saya akan mencoba untuk menghasilkan sesuatu dari blog ini sebelum masa berlakunya berakhir di 2017 nanti.

Maka jadilah hanyalewat.id …

Pada awalnya saya tidak tahu harus memberi nama apa. Manusia tidak kreatif macam saya ini tentu saja lebih senang jika menggunakan apa yang sudah terbentuk sebelumnya. Seperti diketahui, saya adalah pemilik domain hanyalewat.com, sehingga santai saja saya mendaftarkan hanyalewat.id sebagai domain lainnya. Kekurangan kreatifitas saya juga dapat dilihat dari themes yang digunakan oleh blog ini. Terlihat familiar? Ya, itu themes dari hanyalewat.com yang diubah warna dan sedikit strukturnya.

Segi konten nantinya saya rasa tidak akan jauh berbeda antara kedua hanyalewat ini, dimana saya memang tidak ingin menganaktirikan satu blog diantara blog lainnya. Biarkan waktu nanti yang akan menjawab tentang apa sih bedanya kedua blog yang saya kelola ini. Sejauh ini saya belum tahu, bahkan belum memikirkan. Saya pikir lebih baik jika saya lebih banyak posting, posting dan posting artikel, kan?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat ID. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.